Thursday, June 14, 2007

Menghargai dan Memahami orang lain

Apa sebenarnya definition of "Menghargai" seseorang?
Sering kali terdengar disetiap pembicaraan orang bahwa kita harus bisa menghargai orang lain. Harus bisa memahami seseorang. Tapi, ternyata semua itu tak mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi jika ego kita masih blom bisa kita kendalikan.
Sebenarnya aku sendiri juga belum sepenuhnya bisa menghargai setiap orang. Hanya saja, aku berusaha memberikan satu gambaran tentang menghargai dan memahami orang lain.
Setidaknya, aku pun bisa belajar dari apa yang aku tulis. Karena biasanya orang berbicara jauh lebih mudah ketimbang prakteknya.
He he he


Kita semua tahu bahwa setiap manusia diciptakan berbeda. Baik dari sifat, tingkah laku, fisik, karakter, semuanya berbeda. Mirip mungkin iya. Tapi sama persis? Impossible!
Setiap manusia juga diciptakan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di dunia ini tak ada manusia yang sempurna, begitulah orang-orang slalu berkata. Nah, menyikapi perbedaan itu tak cukup hanya dengan diam ataupun adu mulut karena masing-masing merasa pendapatnya benar. Kebayang ngga ya, kalau di dunia ini setiap kali ada perbedaan langsung beradu mulut, rame kali ya he he he. (Kaya dipasar donk, rame nawar harga ama penjual sayur)
Disinilah dibutuhkan satu sikap pengertian dan menghargai orang lain. Mencoba memahami dan melihat semua itu bukan hanya dari sudut pandang kita. Tapi juga berusaha mencoba melihat dari sudut pandang orang lain.
Diakui atau tidak, untuk benar-benar memahami orang lain itu bukan satu hal yang mudah dilakukan. Sekali lagi itu adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Kenapa? Karena kebanyakan orang-orang lebih mementingkan ego masing-masing. Selain itu, kebanyakan orang-orang tidak mau bercermin pada dirinya sendiri. Biasanya mereka selalu merasa paling benar diantara orang-orang disekitarnya. Mereka merasa "perfect". Padahal,seperti yang udah aku tulis diatas, bahwa setiap manusia diciptakan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Banyak orang lebih bisa menghargai kelebihan orang lain, dibandingkan kekurangan orang lain. Terlebih kekurangan itu sangat bertentangan dengan hati kita. Kadang tanpa sadar kita mencemooh, memaki bahkan menjauh tanpa kita mau berusaha mengembalikan semua itu pada diri kita sendiri. Coba kalau seandainya kita yang dicemooh, dihina, dimaki dan dijauhi pasti kita juga akan merasa sakit.
Berbicara tentang bersosialisasi memang sangat kompleks. Bahkan setiap orang punya pendapat dan cara yang berbeda tentang bagaimana menjalin satu relationship yang baik. Namun yang pasti, ketika kita mampu mengendalikan ego dan menghargai diri kita sendiri, maka akan lebih mudah kita belajar untuk menghargai dan mengerti orang lain.

Aku sendiri belum bisa sepenuhnya mengerti dan menghargai orang lain. Terkadang ego di dalam diri ini masih lebih menonjol ketimbang rasa pengertian itu.. He he he. Tapi,mungkin dengan tulisan ku ini aku juga bisa sedikit "nge-rem" ego ku. Dan belajar lebih baik lagi untuk bisa mengerti dan memahami orang lain. Biar ngga dibilang,"Orang koq bisanya cuman ngomong doank, pembuktiannya ngga ada" he he he.
Buat orang-orang yang masih merasa bahwa di dunia ini kalian lah yang paling benar dan paling baik tindakannya, maka buang jauh2 pikiran itu. Karena itu akan membuat kalian ngga dihargain ama orang lain. Mau? (aduh kaya iklannya 3 ya.. )

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home